HistoryImg

 

Menulusuri jejak awal Pacific Paint, awalnya adalah sebuah perusahaan kecil yang dibangun oleh mendiang S. Suriawinata pada tahun 1943 yang terletak di daerah Pasar Senen yang ramai di Jakarta. Pada saat itu, hanya satu merek dagang dari cat dekoratif yang tersedia di pasar local, dan jumlahnya pun terbatas.

Selama bertahun-tahun lamanya, bisnis berkembang perlahan-lahan. Kemudian, alat produksi buatan lokal ditambah untuk mendukung proses produksi. Pada tahun 1970, proses produksi menjadi jauh lebih baik dan efisien. Pacific Paint juga membangun produksi kalengnya sendiri. Kami mempekerjakan ahli kimia dan teknisi laboratorium untuk memonitor kualitas dan konsistensi dari produk.

Sekarang, Pacific Paint telah tumbuh dalam rentang 4 generasi dan telah menjadi salah satu dari perusahaan-perusahaan besar produsen cat, dengan cakupan wilayah operasi di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Cina.

Pacific Paint adalah satu-satunya perusahaan Indonesia yang memproduksi cat dengan cakupan yang komprehensif, termasuk pelindung hasil akhir dan bahan kimia yang berkaitan dengan cat. Produk kami mencakup kebutuhan untuk rumah tinggal hingga penggunaan komersil khusus untuk otomotif, industry, dan kebutuhan kelautan. Sebagai tambahan, kami juga memproduksi thinners, removers, lacquers, sealers dan enamels.

Pacific Paint secara total memiliki lebih dari 1000 tenaga kerja. Disamping memiliki hasil-hasil riset terkini dan departemen pengembangan, kami juga menggunakan proses produksi dari Negara maju seperti, Amerika, Jerman, Swiss dan Belgia.

Kami memulai sebagai pelopor pada bisnis pembuatan cat, dan terus menerus melakukan berbagai inovasi-inovasi seperti implementasi mesin warna pada took-toko untuk menawarkan akses yang lebih baik dan lebih mudah bagi pelanggan-pelanggan kami.

Penggunaan teknologi computer ACS dan QUV telah membuat perusahaan tidak tersaingi dalam pemasangan warna pada produk cat melalui langkah-langka urutan produksi.

Pacific Paint Historical Timeline

Kami bekerja sama dengan Nissho Iwai Corporation and Dainippon Ink & Chemicals Inc untuk membangun pabrik produksi resin sintetik (pertama di Indonesia).

Kami memperoleh lisensi untuk memproduksi cat untuk kapal laut (Marine Paints) dari sebuah perusahaan asal Jerman – Hempel’s Marine Paint.
Kami menandatangani lisensi perjanjian dengan BASF AG di Jerman untuk memproduksi Cat Otomotif dan untuk menyuplai cat-cat hasil produksi kami ke produsen mobil mewah terkemuka di dunia seperti Mercedes Benz dan BMW di Indonesia
Kami menandatangani lisensi perjanjian dengan Carboline Internation Corporation, USA untuk memproduksi Cat dan Anti Karat untuk Alat-Alat Berat dan untuk menyuplai produk kami ke Perusahaan Minyak Terkemuka di Amerika, Atlantic Richfield Co. di Asia.
Kami memperoleh lisensi dari Transocean Marine paint dari Belanda untuk memroduksi cat kapal laut untuk Armada Angkatan Laut Indonesia.
Kami mulai memasarkan produk kami ke Pasar Internasional melalui Singapore, Vietnam dan Kamboja.
Kami memperoleh penghargaan Sertifikasi ISO 9002, Standar Efisiensi Produksi dan Kualitas Produk yang Paling terkenal di dunia.
Kami membuka cabang di Solo tapi sejak 2013 digabung dengan cabang Jogja
Sebuah sister company bernama Penta Ocean dibangun dan mulai beroperasi sebagai cabang dari Pacific Paint di 2012
Akhirnya kami membuka cabang di Semarang setelah memiliki agen di sana sejak tahun 90-an
Kami membuka cabang di Jogja(Juni), dan Purwokerto(Juni). Kami juga meresmikan sister company yang lain yang bernama Home Depot Indonesia
Kami membuka cabang di Bali(Juli), Lampung(Juni), Kapuk (Mei), Cirebon(Juni), Jember(Juni), Karawang(Agustus), Kediri(Juni), Makassar(Juni), Palembang(Juni), Banjarmasin(Juni), Bengkulu(2012), Jambi(Juni), Padang(Juni), Kendari(Juni), Ambon(Juni), Pekanbaru(Juni), Jember(Juni), Tasikmalaya(Juni), Tegal(Juni) and Malang(Juni), Bandung(Juni), Daan Mogot(Mei), Medan(Juni)

Pondok Kopi(Juni), Bogor(Agustus), Palu(November)

Kami memindahkan lokasi pabrik kami ke lokasi yang baru yaitu di Tangerang .